• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Jabar

Sampah di Cimahi 668 Ton per Hari

Rabu, 4 Januari 2012 17:15 WIB

CIMAHI, TRIBUN - Kota Cimahi yang berpenduduk sekitar 650 ribu jiwa lebih, ternyata menghasilkan volume sampah yang relatif besar. Dalam satu hari, volume sampah yang dihasilkan warga Kota Cimahi mencapai 668 ton.

Dari total 668 ton itu, sekitar 45 persen atau sekitar 300 ton lebih belum terkelola dengan baik. Salah satu penyebabnya, antara lain akibat terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana pengolahan sampah yang ada di Kota Cimahi.

Hal itu diutarakan Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi, Dadang Kartiwa. Dadang mengatakan,  ratusan ton sampah yang tidak terkelola tersebut sebagian besar ada yang dibakar, di buang di sembarang tempat, bahkan ada pula yang menumpuk di aliran sungai, bahkan drainase sehingga berpotensi menimbulkan banjir.

Tahun ini, pihaknya berupaya meningkatkan target pengelolaan sampah minimal tujuh persen per harinya sehingga akan lebih banyak lagi sampah yang bisa dikelola.

"Guna mendukung pencapaian target tersebut, DKP Kota Cimahi sudah menyiapkan bantuan berupa roda pengangkut sampah sebanyak 300 unit yang akan disalurkan kepada seluruh Rukun Warga (RW) di Kota Cimahi dan penyediaan tempat sampah yang akan ditempatkan di beberapa titik kota sebanyak 110 unit," terang Dadang, di Kantor Pemkot Cimahi, Rabu (4/1).

Selain penyerahan bantuan roda pengangkut dan tempat sampah, kata Dadang, pihaknya akan mulai mengefektifkan Stasiun Peralihan Antara (SPA) yang berlokasi di Pasar kuda. “Pembangunan SPA menggunakan anggaran pemerintah pusat dan telah selesai dibangun. Nantinya, sampah akan di press sehingga volume sampah yang bisa diangkut bisa lebih banyak lagi,” katanya. (set)

Penulis: set
Editor: dna
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
311 articles 4 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas